BI: Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Menguat

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 08/12/2020 10:46 WIB
BI: Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Menguat Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) melaporkan jika optimisme konsumen terhadap kondisi perekonomian mulai membaik.

Hal ini tercermin dari riset BI yang mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2020 sebesar 92,0 atau meningkat dibandingkan 79,0 poin pada bulan sebelumnya.

“Survei Konsumen Bank Indonesia November 2020 mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik,” demikian ungkap Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono, Selasa 8 Desember 2020.

Keyakinan konsumen ini terpantau menguat di seluruh kategori, baik di tingkat pengeluaran maupun di tingkat kelompok usia responden.

Secara spasial, keyakinan konsumen ini membaik di 17 kota, tertinggi terjadi di kota Pontianak, Samarinda dan Bandar Lampung.

“Perbaikan keyakinan konsumen pada November 2020 didorong oleh ekspektasi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu peningkatan ekspansi kegiatan usaha serta kenaikan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang,” papar Erwin.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga membaik meski masih berada pada area kontraksi, terutama disebabkan oleh persepsi yang menguat terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja.