Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Diprediksi Capai 0 Persen di Triwulan IV

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 07/12/2020 09:14 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Diprediksi Capai 0 Persen di Triwulan IV Ilustrasi. Lahan Petani (Foto: Kementan)

 

RADARBANGSA.COM - Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Timur  memprediksi jika di triwulan IV-2020 pertumbuhan ekonomi Jawa Timur bisa mencapai 0 persen. Prediksi ini muncul sejalan dengan adanya pertumbuhan ekonomi di setiap bulannya.

“Secara umum perekonomian Jatim dihitung mulai stabil dalam hitungan bulan ke bulan (mtm), karena lembaganya terus mendorong sisi permintaan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah pada Senin 7 Desember 2020.

Menurutnya, stabilnya ekonomi Jatim ini mulai terlihat dari gairah masyarakat yang membuka usaha meski dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini yang kemudian membuat kontraksi ekonomi Jatim menurun di minus -3,75 persen.

BI Jatim, lanjut Difi, juga akan terus mendorong konsumsi dan belanja masyarakat serta perdagangan antar daerah. Selain itu juga terdapat beberapa kebijakan yang dikeluarkan seperti suku bunga rendah, nilai rupiah stabil, hingga kondisi likuiditas dan juga termasuk kredit.
 
"InsyaAllah, asumsi kami apabila vaksin sudah dijalankan, ekonomi dunia pulih dan kepercayaan investor akan kembali ada. Harapan saya hanya tinggal menunggu waktu saja untuk mengembalikan pertumbuhan Jatim kembali membaik," demikian tukas Difi.

Berita Terkait :