Luhut Akan Evaluasi Kebijakan Ekspor Benih Lobster

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 30/11/2020 13:16 WIB
Luhut Akan Evaluasi Kebijakan Ekspor Benih Lobster Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Terpilihnya kembali Luhut sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim, membuat kebijakan Ekspor Benih Bening Lobster (BBL) harus dievaluasi ulang.

Demikian diungkapkan oleh Jubir Menko Marves Jodi Mahardi di Jakarta pada hari Sabtu, 28 November 2020

“Kebijakan mengenai lobster ini masih dievaluasi. Kemarin pesan Pak Menko kalau memang bagus tetap saja jalan, jangan takut kalau memang benar,” kutip Jodi.

Menurutnya, Luhut meminta yang terpenting adalah semua tahapan dan prosedur diikuti, seperti contohnya syarat ada budidaya, maka itu tidak masalah.

“Selama eksekusinya tidak ada permainan korupsi atau kolusi ya…..Tapi sekali lagi, kita tunggu saja hasil evaluasi,” ujar Jodi menirukan pernyataan Luhut.

Lebih jauh dia mengungkapkan keinginan Menko Luhut bila setelah dievaluasi dan kebijakannya dianggap baik, maka tetap perlu dilanjutkan karena bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita harus bedakan antara kebijakan itu salah dengan eksekusi yang salah atau diselewengkan,” tambah Jodi.

Terkait dengan lobster, sementara ini telah diterbitkan Surat Edaran Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Nomor B.22891/DJPT/Pl.130/XI/2020 tangggal 26 November 2020 tentang Penghentian Sementara Penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP) kepada para Kepala Dinas KP provinsi/kabupaten/kota, Ketua Kelompok Usaha Bersama Penangkap BBL (Benih Bening Lobster), dan para eksportir BBL.

Kemudian, menjelaskan tentang pernyataan Menko Luhut terkait pemeriksaan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Jodi mengatakan bahwa hal tersebut adalah ungkapan rasa empati Menko Luhut.

“Beliau berharap agar KPK bisa melakukan pemeriksaan secara komprehensif mengenai kasus ini tetapi azas praduga tidak bersalah perlu tetap dikedepankan,” tutup Jodi.


Berita Terkait :