Perusahaan AS Sembur Investasi 2 Miliar Dolar ke SWF Indonesia

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 23/11/2020 13:39 WIB
Perusahaan AS Sembur Investasi 2 Miliar Dolar ke SWF Indonesia Ilustrasi. Investasi SWF (Doc: EWN)

 

RADARBANGSA.COM – Perusahaan asal Amerika Serikat, International Development Finance Corporation (DFC) menyatakan akan berinvestasi sebesar 2 Miliar Dolar ke Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Menteri Koornidator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meyakinkan itikad ini dengan memberikan Letter of Interest (LOI) untuk ditandatangani oleh CEO DFC, Adam Boehler di Washington DC, Minggu lalu, 19 November 2020.

CEO United States International Development

“Sebagai bagian dari reformasi ekonominya, Pemerintah Indonesia terus mengembangkan opsi pembiayaan dan investasi sektor swasta terhadap proyek strategis nasional dan prioritas lainnya,” kata Luhut kepada Adam, seperti dikutip dari maritim.go.id

Kerjasama ini juga dinilai akan memperkuat ikatan ekonomi antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Untuk diketahui, DFC adalah salah satu instansi yang tengah melakukan evaluasi komprehensif terhadap investasinya di Indonesia, sehingga harapannya turut bisa menarik sektor swasta AS berinvestasi di pasar dengan potensi ekonomi yang besar seperti Indonesia.

DFC juga akan bekerja sama dengan mitranya di Jepang, Uni Emirat Arab, dan Singapura untuk ikut berinvestasi di Indonesia Investment Authority.