Mendag Dorong UMKM Ekspor Lewat Platform Digital

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 18/11/2020 12:29 WIB
Mendag Dorong UMKM Ekspor Lewat Platform Digital Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COM – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan jika Kementerian Perdagangan mendukung penggunaan berbagai platform digital untuk memasarkan produk ekspor UMKM yang berorientasi ekspor.

Ia lantas mengapresiasi terbentuknya inovasi yang dilakukan diaspora Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Para diaspora ini meluncurkan platform lokapasar IndonesiaStore.ae guna membantu UMKM Indonesia menembus pasar UEA.

“Platform IndonesiaStore.ae yang dimiliki diaspora Indonesia tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu wadah akses bagi para UMKM Indonesia untuk memasarkan produknya di kawasan UEA,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan dalam keterangannya, Rabu 17 November 2029.

Kasan mengapresiasi GCC Global FZC dan Indonesia In Your Hand yang telah membuat platform indonesiastore.ae. Hal ini merupakan langkah awal meningkatkan ekspor produk Indonesia di pasar global, khususnya UEA.

“Diharapkan dengan jaringan gudang distribusi yang telah dimiliki GCC Global FZC, produk Indonesia bisa didistribusikan lebih luas lagi, bukan hanya ke UEA, namun juga ke negara lainnya di kawasan Timur Tengah. Pemerintah akan terus mendukung inisiatif ini dan mempromosikannya,” tegas Kasan.

Untuk diketahui, pada periode Januari–September 2020, Indonesia-UEA tercatat memiliki nilai perdagangan hingga USD 2,22 miliar.

Pada periode tersebut, ekspor Indonesia ke UEA tercatat sebesar USD 922 juta. Sementara, impor Indonesia dari UEA tercatat sebesar USD 1,3 miliar.