Pameran TEI-VE Hari Pertama Catat Kontrak Dagang USD 467,92 Juta

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 13/11/2020 10:26 WIB
Pameran TEI-VE Hari Pertama Catat Kontrak Dagang USD 467,92 Juta Mata uang rupiah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Hari pertama pelaksanaan Trade Expo Indonesia Virtual Event (TEIVE) 2020, untuk program misi pembelian (buying mission) berhasil mencatatkan kontrak dagang sebesar USD 467,92 juta.

Capaian ini berasal dari penandatanganan 24 nota kesepahaman (MoU) antara perusahaan Indonesia dengan perusahaan dari Jepang, Belanda, Australia, Singapura, Hungaria, Mesir, dan India.

“Pada hari pertama pelaksanaan TEI-VE, sebanyak 24 MoU kontrak misi pembelian dengan tujuh negara telah ditandatangani dengan total nilai sebesar USD 467,92 juta. Kontrak misi pembelian masih akan terus meningkat hingga hari terakhir penyelenggaraan TEI-VE,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Rabu, 11 November 2020.

Beberapa produk-produk yang diminati pada hari pertama ini di antaranya adalah makanan olahan, produk kertas, kopi, minyak kelapa sawit, minuman, produk kayu, alas kaki, pupuk batubara, olahan kelapa, ban, sabun batangan, sapu, dan rempah-rempah.

Mendag menilai, program misi pembelian ini dilakukan sebagai upaya peningkatan ekspor nasional.

“Misi pembelian merupakan salah satu skema kegiatan di TEIVE untuk membantu dunia usaha agar dapat melakukan kesepakatan atau transaksi kontrak dagang,” jelas Mendag.

Mendag menyampaikan, antusiasme pelaku usaha pada TEI-VE masih tetap tinggi.

“Walaupun digelar secara virtual, TEI kali ini tidak menyurutkan langkah para pelaku usaha untuk berpartisipasi dan terus mengekspor produknya ke pasar global,” pungkas Mendag.


Berita Terkait :