Luhut Ingin Indonesia Jadi Pasar Utama Kendaraan Listrik di ASEAN

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 09/11/2020 13:27 WIB
Luhut Ingin Indonesia Jadi Pasar Utama Kendaraan Listrik di ASEAN Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Kemaritiman RI). (Foto: ricardo/jpnn)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan menginginkan agar Indonesia menjadi salah satu pasar Electronic Vehicle (EV) utama di ASEAN. Hal ini diungkapkan saat pertemuannya dengan Dubes Korea Selatan, Park Tae-Sung.

Luhut mengatakan harapan Indonesia menjadi pasar utama EV ini akan sejalan dengan target pemerintah untuk melakukan transisi ke teknologi transportasi yang ramah lingkungan.

“Pemerintah Indonesia saat ini menargetkan untuk mempercepat pertumbuhan industri EV (Electric Vehicle). Kami juga berharap Indonesia menjadi salah satu pasar EV utama di ASEAN untuk kedepannya,” ungkap Luhut, dikutip dalam laman resmi Marves, Senin 9 November 2020.

Dalam pertemuannya dengan Dubes Korea, Luhut juga mengapresiasi kinerja pembangunan pabrik Mobil Listrik asal Korea Selatan, Hyundai yang berlokasi di Sukamukti Bekasi.

Apresiasi ini diberikan terhadap kinerja positif penyelesaian pembangunan pabrik di tengah pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda usai.

“Kami mengapresiasi upaya Hyundai untuk terus melanjutkan pembangunan pabrik Hyundai agar perkembangannya berjalan dengan baik. Kedepannya kami berharap akan ada kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Korea untuk bersama-sama mengawal pengembangan pabrik ini hingga siap berproduksi,” tukas luhut.