Chairul Tanjung Akuisisi 73,71 Persen Saham Bank Harda Internasional

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 06/11/2020 10:17 WIB
Chairul Tanjung Akuisisi 73,71 Persen Saham Bank Harda Internasional Logo Bank Harda Internasional (foto BHI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengusaha Indonesia Chairul Tanjung melalui PT Mega Corpora mengakuisisi 73,71% saham atau 3,08 miliar saham PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI). Pembelian ini menambah daftar perusahaan yang dimiliki oleh Si Anak Singkong.

CT membeli Bank Harda dari PT Hakimputra Perkasa dimana kedua belah pihak telah menandatangani perjanjian pada 16 Oktober 2020. Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI, disebutkan Mega Corpora menjadi pihak yang akan mengambilalih.

"Mendukung kebijakan perbankan di Indonesia dan akan mengembangkan perseroan untuk menjadi bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik dari segi operasional maupun permodalan," sebut surat perjanjian antara kedua pihak, yang dipublikasi di BEI, Senin, 2 November 2020.

Seperti diketahui, Chairul Tanjung adalah pengusaha yang dikenal dengan kerajaan bisnisnya dengan nama CT Corp atau PT CT Corpora. CT merupakan singkatan nama dari Chairul Tanjung.

Bisnis CT membentang luas dari keuangan (Mega Corp), media (Trans Corp) dan pengolahan sumber daya alam (CT Global Resources). Di bisnis keuangan, CT memiliki bisnis bank, asuransi, pembiayaan, manajemen aset dan sebagainya.

Bank yang sebagian sahamnya dimiliki oleh CT Corprora antara lain PT Bank Mega Tbk., PT Bank Sulut, PT Bank Sulteng dan PT Bank Mega Syariah. Di asuransi, CT Corpora memiliki sebagian saham Asuransi Mega Jiwa dan Mega Insurance.

Di bisnis media, CT memiliki sejumlah media yaitu detik.com, cnbcindonesia.com, cnnindonesia.com, Trans TV, Trans 7 dan Trans Vision. Daftar bisnis CT masih bisa diperpanjang lagi di sektor ritel, transportasi dan food beverages.