Faisol Riza Dorong BUMN Jadi Lokomotif Perekonomian Nasional Ditengah Pandemi

Rahmad Novandri | Kamis, 05/11/2020 18:25 WIB
Faisol Riza Dorong BUMN Jadi Lokomotif Perekonomian Nasional Ditengah Pandemi Faisol Riza (Ketua Komisi VI DPR RI dari FPKB). (Foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengapresiasi kerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terlibat aktif selama masa sulit akibat pandemi COVID-19 di Indonesia. Ia berharap, BUMN bisa menjadi lokomotif utama sebagai penggerak roda perekonomian bangsa dalam rangka pemulihan ekonomi.

Legislator Fraksi PKB itu menerangkan, di masa pandemi ini belanja pemerintah dan belanja BUMN menjadi andalan dalam menggerakkan roda perekonomian. Riza mengungkapkan, meski di beberapa sektor mengalami peningkatan, namun belanja sektor swasta secara umum hingga level terkecil mengalami kesulitan, yakni UMKM.

“Yang bisa bekerja dengan cepat dan relatif tanpa hambatan adalah BUMN. Misalnya belanja untuk membantu sektor kesehatan, itu BUMN yang kita lihat bisa bekerja penuh dan lebih cepat. Belanja pemerintah tentu terkendala, karena harus melalui rangkaian proses yang tidak mudah,” kata Faisol dalam keterangannya, Kamis, 5 November 2020.

Untuk itu, Faisol mendorong BUMN bisa meningkatkan keterlibatan UMKM. Hal itu sudah diinisiasi lewat program pasar digital (Padi) yang membuka penawaran ke UMKM. Ia juga menegaskan, keterlibatan UMKM tak hanya dari sisi belanja modal tapi juga dari sisi operational expenditure (opex).