Menkeu Proyeksi Ekonomi Kuartal IV Bisa Tembus 5 Persen

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 28/10/2020 09:01 WIB
Menkeu Proyeksi Ekonomi Kuartal IV Bisa Tembus 5 Persen Kementerian Keuangan (Doc: Top Bussines)

 

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memprediksi jika pertumbuhan ekonomi di kuartal IV 2020 bisa menembus angka 5 persen.

“Kuartal ke-4 nanti, tetap terjaga di sekitar 5% growthnya. Tentu dengan asumsi seluruh momentum belanja dan eksekusi belanja baik PEN maupun seluruh belanja K/L tetap bisa terjaga," ungkap Menkeu dalam konferensi pers virtual, Selasa 27 Oktober 2020.

Ia menjelaskan guna mencapai prediksi tersebut pihaknya akan menjaga semua indikator baik dari sisi konsumsi, investasi, ekspor dan yang paling utama belanja pemerintah.

Sementara untuk konsumsi rumah tangga, Menkeu berharap dari kuartal 3 menuju kuartal 4 sudah mulai mendekati 0%. Selain itu ia juga tengah mengupayakan agar konsumsi masyarakat meningkat. Secara keseluruhan Menkeu memproyeksikan konsumsi tahun 2020 minus 0,6 hingga 1,72 persen.

"Untuk konsumsi rumah tangga, kita masih melihat di dalam range dari sisi kuartal 3 hingga ke-4 kita harapkan mulai mendekati 0%. Konsumsi diharapkan meningkat. Proyeksi keseluruhan tahun minus 0,6 hingga 1,72," tandasnya.

 


Berita Terkait :