ESDM Komitmen Kawal Transisi ke Energi Bersih

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 28/10/2020 08:03 WIB
ESDM Komitmen Kawal Transisi ke Energi Bersih salah satu contoh energi baru terbarukan (foto: kennedyenergypark.com)

 

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Guna mendukung terciptanya lingkungan hijau, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus mengawal transisi ke energi bersih.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan salah satu bentuk komitmen ini dituangkan melalui pengkajian regulasi harga energi yang bersumber dari energi terbarukan.

“Kita akan segera mengeluarkan Peraturan Presiden untuk tarif renewable energy yang nantinya akan dibeli oleh PLN dan diharapkan akan meningkatkan pemanfaatan EBT di Indonesia," ungkap Rida dalam webiner daring, Selasa 27 Oktober 2020.

Ia menjelaskan negara memiliki prinsip 5K dalam pengembangan energi, yaitu pertama adalah ketersediaan (availability), dan yang kedua adalah kualitas listrik itu sendiri.

"Kalau kelistrikan cukup tapi byarpet itu tidak bagus, jadi Pemerintah harus menjamin agar masyarakat yang menikmati listrik yang kualitasnya bagus," jelasnya.

Prinsip selanjutnya adalah Keterjangkauan (affordability) yang berarti harga energi harus mampu dijangkau oleh semua elemen masyarakat.

Sementara, 5 K yang keempat adalah keberlanjutan (sustainability) dan yang terakhir adalah keadilan.

“Masyarakat dalam hal ini yang berada di seluruh Indonesia harus bisa merasakan hal yang sama,” tukasnya.


Berita Terkait :