Cadangan Minyak Bumi Akan Segera Habis Jika Tidak Ada Eksplorasi

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 22/10/2020 11:47 WIB
Cadangan Minyak Bumi Akan Segera Habis Jika Tidak Ada Eksplorasi Kilang Minyak (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan jika cadangan energi fosil di Indonesia akan segera habis jika tidak ada eksplorasi penemuan cadangan baru.

“Minyak bumi di Indonesia akan habis dalam sembilan tahun ke depan, gas bumi akan habis 22 tahun lagi, dan batubara akan habis 65 tahun mendatang,” ungkap Arifin dalam webiner daring, Rabu 21 Oktober 2020.

Ia memaparkan sebetulnya, saat ini kondisi sumber energi dalam negeri masih tergolong melimpah. Khususnya untuk sektor batu bara dan gas bumi. Hanya saja, adanya perubahan perubahan konsumsi tanpa eksplorasi, membuat Indonesia semakin dekat dengan krisis energi.

"Kita masih banyak sumber-sumber reservoir yang belum dieksplorasi secara masif. Kita akan mendeteksi resources yang baru untuk mendukung kebutuhan dalam jangka yang panjang," ungkapnya.

Arifin menjelaskan, saat ini Indonesia memiliki kapasitas (pembangkitan) sumber energi sebesar 70,96 Giga Watt (GW). Dari kapasitas energi tersebut, 35,36 persen energi berasal dari batu bara; 19,36 persen berasal dari gas bumi, 34,38 persen dari minyak bumi, dan EBT sebesar 10,9 persen.

“Kita sangat serius memperbaiki neraca perdagangan dengan mengurangi impor BBM melalui biodiesel, mengembangkan dan membangunan 6 kilang baru untuk menambah kapasitas (migas) nasional, serta mempercepat implementasi kendaraan listrik," tukasnya.


Berita Terkait :