ESDM Akan Perluas Pasar EBT

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 12/10/2020 07:31 WIB
ESDM Akan Perluas Pasar EBT Bisnis EBT Makin Banyak Diminati (Foto: Katadata)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah akan mempercepat pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber energi yang ramah lingkungan melaui perluasan pasar baru bagi EBT.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, perluasan pasar EBT akan dilakukan melalui program renewable energy base industry development (Rebid) dan renewable energy base on economic development (Rebed).

"Untuk mempercepat pemanfaatan EBT, Pemerintah menciptakan pasar baru EBT melalui program renewable energy base industry development dan renewable energy base on economic development yang bertujuan untuk mempercepat pemanfaatan EBT di kawasan industri dan Kawasan ekonomi Khusus dan mendukung Kawasan ekonomi lokal di kawasan 3T Indonesia," ujar Arifin Tasrif dalam catatannya, kemarin 9 September 2020.

Indonesia, lanjut Arifin, sudah saatnya mengikuti tren masyarakat dunia yang mulai mengoptimalkan pemanfaatan EBT untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Hal ini seperti sebagaimana tertuang dalam kesepakatan Kyoto untuk mengurangi emisi gas karbondioksida dan gas rumah kaca.

"Negara-negara dunia telah berkomitmen untuk mengurangi dampak perubahan iklim dengan disepakatinya Kyoto Protokol di tahun 1997. Komunitas internasional bertekad untuk mengurangi emisi karbondioksida dan gas rumah kaca lainnya, termasuk pengurangan emisi dari sektor energi sehingga terjadi transformasi energi untuk mengurangi energi fosil pada seluruh," lanjut Arifin.

Ia menerangkan, pihaknya juga akan memaksimalkan implementasi bioenergi, seperti percepatan pembangunan listrik berbasis sampah di dua belas kota, pemanfaatan biomasa dan sampah sebagai bahan baku pada cofiring Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) eksisting, pelaksanaan mandatori B30, serta program pengembangan green refinery.

"Optimalisasi pemanfaatan tidak langsung energi panas bumi. Untuk mengurangi resiko eksplorasi oleh para pengembang, Pemerintah juga telah membuat pengembangan panas bumi melalui government drilling, kegiatan eksplorasi dilakukan oleh pemerintah," pungkas Arifin.


Berita Terkait :