Kadin Minta Perusahaan Terapkan Manajemen Resiko Saat Pandemi

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 23/09/2020 12:19 WIB
Kadin Minta Perusahaan Terapkan Manajemen Resiko Saat Pandemi Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani (Doc: Kadin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sebagai bagian dari masyarakat, dunia usaha baik UMKM maupun korporasi diharapkan dapat berperan dalam upaya penanganan Covid agar penyebarannya dapat diminimalisir dan dihentikan terutama di lingkungan tempat kerja.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani menegaskan dunia usaha mendukung penuh upaya pemerintah baik dalam pemulihan aspek kesehatan maupun ekonomi. Akan tetapi ia menilai perusahaan harus mampu menerapkan sistem manajemen resiko.

“Perusahaan dapat membentuk Satgas Covid-19 di masing-masing perusahaan dengan melibatkan sistem manajemen dan tenaga ahli yang memahami mengenai Covid-19,” ungkapnya dalam webiner, kemarin 22 September 2020.

Ia melanjutkan tim tenaga ahli ini lebih baik yang kemampuannya telah tersertifikasi, guna meningkatkan pencegahan dan monitoring kepatuhan terhadap risk management dan protokol kesehatan.

Sebagian besar perusahaan sudah menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja dan melakukan pengurangan jam kerja. Kadin berharap protokol kesehatan tidak hanya diterapkan di lingkungan kerja saja, namun juga di masyarakat.   

Kadin, lanjut dia, berharap agar pemerintah dapat mempercepat penyaluran dana pemulihan yang baru sekitar 34% terserap, utamanya bagi umkm dan dunia usaha agar sektor riil, manufaktur dan daya beli bisa terjaga dan mulai menggeliat.

"Kadin berharap, perusahaan sebagai bagian dari masyarakat dapat lebih pro aktif lagi dalam penanganan Covid-19" kata dia.


Berita Terkait :