Kadin Minta Pemerintah Percepat Transisi ke EBT

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 22/09/2020 11:48 WIB
Kadin Minta Pemerintah Percepat Transisi ke EBT Sektor Energi Baru Terbarukan (EBT) (Foto: Katadata)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah untuk mempercepat transisi ke Energi Baru Terbarukan (EBT).

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Energi Terbarukan dan Lingkungan Hidup, Halim Kalla mengatakan jika transisi ini penting mengingat kebutuhan masyarakat beralih ke energi yang ramah lingkungan serta akibat dari menipisnya energi fosil.

"Kami harap agar ini benar-benar jadi prioritas kita semua. Kita perlu udara bersih sehat dan berikan manfaat bagi rakyat di pulau kecil dan besar," paparnya, Selasa 22 September 2020.

Ia mengutarakan sejumlah hambatan utama dalam pengembangan EBT di tanah air, salah satunya adalah regulasi yang berubah-ubah, sehingga memperburuk iklim investasi.

“kurangnya komitmen pemerintah dalam mencapai target energi terbarukan, sehingga kebijakan yang dikeluarkan cenderung tidak mendukung,” tambahnya.

Halim menilai, penetapan tarif listrik EBT tanpa disertai dengan tingkat pengembalian investasi yang layak untuk proyek energi terbarukan juga berdampak pada kurangnya minat investor untuk berinvestasi di sektor EBT ini. Dan terakhir, insentif yang tersedia menurutnya juga masih kurang menarik.

“Pemerintah selayaknya memasukkan pembangunan energi terbarukan sebagai sektor prioritas untuk menciptakan lapangan kerja secara masif sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN),” tukasnya.

TAG : Kadin , EBT , Energi

Berita Terkait :