Wapres Maruf Amin Ajak Negara OKI Saling Mendukung Pulihkan Ekonomi Dunia

Rahmad Novandri | Senin, 14/09/2020 20:31 WIB
Wapres Maruf Amin Ajak Negara OKI Saling Mendukung Pulihkan Ekonomi Dunia KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden, KH Ma`ruf Amin mengajak seluruh pemimpin negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk saling mendukung dan menguatkan dalam upaya memulihkan ekonomi dunia yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya ingin mengajak para pemimpin negara-negara anggota OKI untuk saling menguatkan kerja sama dalam memulihan kembali ekonomi dunia, melalui penguatan industri halal dan keuangan syariah, serta keuangan sosial syariah," kata Kiai Ma`ruf dalam sambutan video yang disampaikan daring pada acara Global Islamic Finance Award (GIFA) yang diselenggarakan di Islamabad, Pakistan, Senin, 14 September 2020.

Ditegaskannya, ekonomi menjadi sektor yang paling terdampak akibat pandemi COVID-19, termasuk kegiatan ekonomi syariah di dalamnya. Untuk itu, dirinya berharap negara-negara anggota OKI dapat memanfaatkan momen itu sebagai upaya mengembangkan kegiatan ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam pidato di hadapan perwakilan pemerintah dan pelaku ekonomi syariah dunia itu, Kiai Ma`ruf juga menyampaikan perkembangan kegiatan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, jelasnya, memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara lain. Di Indonesia, ekonomi syariah menjadi salah satu pilar ketahanan ekonomi nasional yang bersinergi dengan ekonomi konvensional.

"Visi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia juga diletakkan sebagai sebuah pilihan rasional dan inklusif, untuk menjadikan ekonomi dan keuangan syariah menjadi rahmatanlil-alamin untuk semua golongan tanpa memandang perbedaan," tuturnya.

Pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, tutur Kiai Ma`ruf, dijalankan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah yang mengutamakan pada industri produk halal; industri keuangan syariah; optimalisasi zakat, infaq sedekah dan wakaf dan penguatan peran keuangan mikro syariah; serta penumbuhan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha bisnis syariah skala UMKM.

Kiai Ma`ruf pada kesempatan itu mewakili pemerintah Indonesia sekaligus selaku ketua harian KNEKS menerima penghargaan GIFA Advocacy Awards. "Sebagai ketua harian KNEKS, saya menerima penghargaan ini atas nama KNEKS dan atas nama pemerintah Indonesia. Atas nama KNEKS dan pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan GIFA Award Committee atas penghargaan ini," tandasnya.