Rupiah Sentuh 14.900 Per Dolar, Banggar Minta BI Jaga Stabilitas Rupiah

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 11/09/2020 14:17 WIB
Rupiah Sentuh 14.900 Per Dolar, Banggar Minta BI Jaga Stabilitas Rupiah Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM -  Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada Hari Jumat dibuka melemah 0,39 poin dari perdagangan Kamis.

Melansir dari Bloomberg, pukul 09.14 WIB rupiah melemah di level  Rp 14.912 per dollar AS dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.854 per dollar AS.

Sebelumnya pada Senin, Awal perdagangan pekan ini, rupiah memang dibuka melemah di Rp 14.800. Jelang penutupan pekan ini, rupiah dikonfirmasi terdepresiasi secara konstan selama sepekan.

Terkait hal ini Badan Anggaran (Banggar) DPR RI pun angkat suara dan meminta kepasa Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

"Kami yakin terhadap berbagai yang dilakukan dan ditempuh oleh Gubernur Bank Indonesia. Dan kami berharap Gubernur Bank Indonesia menjaga stabilitas di sektor keuangan," ucap Ketua Banggar, Said Abdulla dalam Rapat Kerja Virtual pada Jumat 11 September 2020.

Pasalnya Ia merasa khawatir bahwa upaya-upaya yang dilakukan Gubernur BI akan menjadi sia-sia bagi semua pihak apabila tidak ada koordinasi yang baik di semua lini.

Ia lantas juga menyesalkan koordinasi lemah yang terjadi di pemerintah terlebih terkait pengumuman kebijakan PSBB Anies yang berakibat pada guncangan hebat pada pasar rupiah dan saham.

“Kejadian kemarin sangat disesalkan, yakni atas pernyataan yang begitu bombastis dan dramatis oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta (yang kembali menerapkan PSBB ketat) sehingga menimbulkan hal yang tidak perlu, dan membakar ludes 300 triliun, saham-saham kita berguguran," kata Said.

Said menegaskan jika korporasi hancur maka retail juga hanya tinggal menunggu waktu untuk chaos.

"Ini tantangan berat baik bagi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) maupun Gubernur Bank Indonesia," tandasnya.

 

TAG : Banggar , Rupiah , BI