Indonesia & Jepang Resmi Gunakan Rupiah dan Yen untuk Transaksi Perdagangan

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 01/09/2020 08:28 WIB
Indonesia & Jepang Resmi Gunakan Rupiah dan Yen untuk Transaksi Perdagangan Mata Uang Jepang, Yen (Doc: Liputan6)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Keuangan Jepang dan Bank Indonesia pada hari Senin secara resmi memulai implementasi penggunaan mata uang lokal yakni Yen dan Rupiah dalam transaksi perdagangan bilateral dan investasi langsung.

“Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal secara lebih luas dalam transaksi perdagangan dan investasi langsung di antara kedua negara,” ujar Direktur Komunikasi BI, Onny Widjanarko dalam keterangannya.

Ia menyebut implementasi kerangka kerja ini menjadi tonggak sejarah penting dalam upaya penguatan kerja sama keuangan antara Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan Jepang.

Dalam Kerangka kerja yang telah disusun pada tanggal 5 Desember 2019 lalu ini kedua belah pihak bersepakat untuk mengeluarkan relaksasi regulasi tertentu guna mendorong penggunaan mata uang lokal dalam penyelesaian perdagangan dan investasi langsung antara Indonesia dan Jepang.

“Untuk mendukung operasionalisasi kerangka kerja ini, Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan Jepang telah menunjuk beberapa bank di negara masing-masing untuk berperan sebagai Appointed Cross Currency Dealer (ACCD),” papar Onny.

Bank-bank ini dinilai telah memenuhi syarat dan memiliki kemampuan untuk memfasilitasi transaksi antara Rupiah dan Yen sesuai kerangka kerja yang disepakati oleh kedua pihak.

Beberapa bank - bank di Indonesia yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai ACCD adalah MUFG Bank, Ltd, Jakarta Branch; PT. Bank BTPN, Tbk; PT. Bank Central Asia (Persero), Tbk; PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk; PT. Bank Mizuho Indonesia; PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk; dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.

Ada pun bank-bank di Jepang yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan Jepang sebagai ACCD adalah Mizuho Bank, Ltd; MUFG Bank, Ltd; PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Tokyo Branch; Resona Bank, Ltd; dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.