Mulai Pulih, Industri Penerbangan Catat 400-300 Penerbangan Per Hari

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 25/08/2020 14:39 WIB
Mulai Pulih, Industri Penerbangan Catat 400-300 Penerbangan Per Hari Industri Penerbangan (Doc: Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lalu lintas penerbangan di bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) mulai berangsur pulih.

Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan jika pada bulan ini, rata-rata jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta berkisar 400-430 penerbangan per hari.

Angka ini meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya yang hanya berjumlah sekitar 200 penerbangan per hari.

“Lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70% total penumpang di Soekarno-Hatta, sementara 30% dilayani melalui Terminal 3," kata Wasid di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan jika jumlah traffic ini memang masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi Covid-19, namun dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan semakin menguat. 

Adapun utilisasi slot time juga semakin meningkat dimana pada 1 – 20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34% dari sebelumnya hanya sekitar 10%.

Meningkatnya lalu lintas penerbangan dan meningkatnya utilisasi slot time juga diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang di Terminal 2 Soekarno-Hatta.

“Koordinasi dan persiapan telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan Citilink agar perpindahan operasional ke Terminal 3 mulai 23 Juli 2020 berjalan lancar. Melalui kebijakan ini maka Soekarno-Hatta dapat beroperasi lebih baik dalam melayani penumpang pesawat,” pungkasnya.


Berita Terkait :