Kualitas Buah-Buahan Lokal di Pasar Global Masih Unggul

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 13/08/2020 13:11 WIB
Kualitas Buah-Buahan Lokal di Pasar Global Masih Unggul Buah Buahan Lokal (Doc: Jawa Pos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah menilai jika produksi buah-buahan Indonesia memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah dengan kualitas buah dari negara lain. Bahkan banyak yang menilai kualitas buah tropis terbaik di dunia berasal dari Indonesia.

Jika Buah Nanas pasar ekspor utamanya adalah Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Jerman, dan, Jepang dengan nilai 1,5 triliun. Sementara jika Buah Manggis makanekspor utamanya ke Hongkong, China, Malaysia, Saudi Arabia dan Prancis dengan total nilai yang mencapai 1,09 triliun.

"Untuk mangga ekspor utama kita ke Singapura, Amerika Serikat, China, Hongkong, Vietnam. Salak juga seperti itu nilainya di atas 9 miliar, rambutan dan durian termasuk buah naga," terang Menteri Pertanian, SYL pada Kamis 13 Agustus 2020.

Sementara itu Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menilai jika komoditas hortikultura khususnya buah-buahan memiliki potensi besar untuk menambah pundi-pundi devisa negara dan juga menjadi andalan di pasar masa kini.

“Berdasarkan data BPS bulan Juni 2020, ekspor buah-buahan tumbuh sebesar 23,21 persen dimana sampai dengan Juni 2020 nilai ekspor kita sebesar 430,4 juta US dolar," ungkapnya.

Adapun jenis-jenis buah yang menyumbang ekspor terbesar ini meliputi mangga, kacang-kacangan, dan nanas. Sementara untuk pasar ekspor masih dikirim ke Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan India.