Trafik Mulai Naik, Angkasa Pura II Catat 400 Penerbangan Per Hari

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 22/07/2020 21:07 WIB
Trafik Mulai Naik, Angkasa Pura II Catat 400 Penerbangan Per Hari Pesawat Malindo Air. (Foto: jawaposcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Angkasa Pura II mencatat lalu lintas penerbangan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II (Persero) berangsur pulih.  

Tercatat pada Juli, rata-rata jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta berkisar 400-430 penerbangan per hari atau meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya sekitar 200 penerbangan per hari.

Adapun utilisasi slot time juga semakin meningkat di mana pada 1 – 20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34% dari sebelumnya hanya sekitar 10%.

Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan meningkatnya lalu lintas penerbangan dan meningkatnya utilisasi slot time juga diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang di Terminal 2 Soekarno-Hatta. 

“Di tengah COVID-19 ini Soekarno-Hatta beroperasi dengan Terminal 2 dan Terminal 3. Pada bulan ini, lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70% total penumpang di Soekarno-Hatta, sementara 30% dilayani melalui Terminal,” ujar Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero), Muhamad Wasid dalam keterangan resminya, Selasa 22 Juli 2020.

Wasid menambahkan jika jumlah trafik ini memang masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi COVID-19, namun dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan diprediksi akan semakin menguat. 

“Melihat kondisi ini, kami akan melakukan penyeimbangan agar Terminal 2 dan Terminal 3 masing-masing terminal bisa melayani 50% dari total penumpang di Soekarno-Hatta,” ujar Muhamad Wasid. 

Lebih lanjut, Muhammad Wasid menuturkan penyeimbangan utilisasi kapasitas terminal itu dilakukan dengan memindahkan penerbangan Citilink dari Terminal 2D ke Terminal 3, dan sebagian penerbangan di Terminal 2E ke 2D mulai 23 Juli 2020.

“Koordinasi dan persiapan telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan Citilink agar perpindahan operasional ke Terminal 3 mulai 23 Juli 2020 berjalan lancar. Melalui kebijakan ini maka Soekarno-Hatta dapat beroperasi lebih baik dalam melayani penumpang pesawat,” jelas Agus Haryadi.