Pemerintah Janji Carikan Investor di Sektor Tambak Udang Vaname

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 16/07/2020 11:31 WIB
Pemerintah Janji Carikan Investor di Sektor Tambak Udang Vaname Budidaya Udang Vaname (Doc: Arena Hewan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perindustrian melalui pernyataan resminya mengatakan akan memfasilitasi Pemerintah Gorontalo untuk mencari calon investor sektor pengembangan tambak udang vaname.

“Kami akan mendorong peningkatan investasi untuk menumbuhkan industrinya. Oleh karena itu, pemerintah bertekad menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang bisa mengakselerasi sektor strategis tersebut,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa 14 Juli 2020.

Sebelumnya, Menperin telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan menyambut positif upaya untuk memaksimalkan pengelolaan tambak udang vaname di Provinsi Gorontalo.

Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, dari 16.713 hektare tambak udang yang tersebar di Kabupaten Pohuwato, Boalemo, dan Gorontalo Utara, saat ini hanya 54 persen yang beroperasi. Tidak hanya itu, sebagian besar dari tambak yang ada, baru dikelola secara tradisional.

Pada Januari-September 2018, ekspor perikanan Gorontalo mencapai 40,2 ton, terbanyak adalah udang vaname. Udang jenis ini cukup banyak diminati masyarakat Jepang.

Agus menyampaikan, guna mendorong pertumbuhan sektor industrinya, perlu didukung dengan ketersediaan sumber pakan untuk budidaya.

“Ekspor udang, terutama udang vaname merupakan yang terbesar dari sektor kelautan dan perikanan,” ungkapnya.

 

 


Berita Terkait :