Komisi VI DPR Minta PT KAI Prioritaskan Pelayanan Bagi Konsumen

Rahmad Novandri | Jum'at, 10/07/2020 21:31 WIB
Komisi VI DPR Minta PT KAI Prioritaskan Pelayanan Bagi Konsumen Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan bahwa PT. Kereta Api Indonesia (KAI) tetap harus memprioritaskan pelayanan apabila mendapat dana talangan sebesar Rp 3,5 triliun. Hal ini karena PT. KAI akan menggunakan dana tersebut untuk melakukan efisiensi perusahaan.

Putu menjelaskan bahwa ia sering mendengar banyak keluhan dari konsumen KAI karena pelayanan yang diberikan berkurang kualitasnya. Untuk itu, Legislator Fraksi Partai demokrat itu meminta agar PT KAI tetap memprioritaskan pelayanan.

“Yang saya lihat di sini hanya sekedar bussiness as usual. Ini hanya untuk menutup cashflow agar bisa berjalan. Tapi kondisinya apakah ini bisa menjamin bahwa servis dan pelayanan, bagaimana maintenance pelanggan PT. KAI ini agar mendapat pelayanan yang terbaik. Karena saya tidak mau nanti kondisi ini hanya menjadi bussiness as usual, tapi pelayanan akan drop sekali," ujarnya dilansir dari dpr.go.id, Jumat, 10 Juli 2020.

Putu berharap apabila dana talangan telah dicairkan, maka Direksi PT. KAI harus segera mempersiapkan new strategy untuk menghadirkan pelayanan yang baik kepada konsumen mereka. Ia meminta secara khusus agar PT. KAI dapat dikenal kembali sebagai primadona transportasi di Indonesia.

“Tidak adil kepada konsumen kita dan pada akhirnya justru semuanya dilakukan efisiensi dan kemudian pelayanan kepada konsumen dinomorduakan. Nah kita berharap bahwa pelayanan itu penting, fasilitas itu harus maksimal. Dan utamanya mereka mendapat safety, itu sangat penting dan jangan sampai KAI mengurangi hal itu dengan dana talangan itu,” tandasnya.