Jokowi: Prediksi Ekonomi Dunia Semakin Buruk

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 09/07/2020 14:58 WIB
Jokowi: Prediksi Ekonomi Dunia Semakin Buruk Jakarta, Indonesia di Sore Hari (Doc: Azamara)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Percepatan Penyerapan Anggaran, 7 Juli 2020 mengatakan bahwa prediksi ekonomi dunia akan semakin buruk. Oleh karenanya, Ia meminta kepada seluruh Lembaga dan Kementerian (L/K) untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran penanganan Covid-19.

“Ini mengerikan, Kepala negara yang saya tanya pun, hampir semua mengatakan hal yang sama. Dari waktu ke waktu prediksi ekonomi dunia tidak semakin baik tapi semakin buruk,” ujar Presiden Joko Widodo, dalam arahannya.

Ia memaparkan Ekonomi Global awalnya diprediksi minus 2,5 persen akan tetapi pakar merevisi pertumbuhan tersebut menjadi minus 5 persen, bahkan lebih buruknya Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) menyampaikan prediksi pertumbuhan ekonomi bisa sampai ke minus 6 hingga 7,6 persen.

“Lha kalau kita tidak ngeri dan menganggap ini biasa biasa aja, waduh bahaya banget,” tambahnya.

Jokowi kemudian meminta kepada semua pihak untuk bekerja lebih ekstra dari yang biasanya. Ia mengatakan L/K harus bisa mempersingkat waktu lebih cepat dalam menyelesaikan urusannya.

“Saya minta kita memiliki sense of crisis yang sama. Jangan sampai 3 bulan yang lalu, kita menyampaikan work from home, tapi yang saya lihat sekarang kayak cuti malahan, padahal dalam kondisi krisis kita harus kerja lebih keras lagi, jangan kerja biasa-biasa saja,” ujarnya.