Komisi IV DPR Desak Pemerintah Segera Lunasi Utang ke Bulog

Rahmad Novandri | Jum'at, 26/06/2020 09:06 WIB
Komisi IV DPR Desak Pemerintah Segera Lunasi Utang ke Bulog Sudin (Ketua Komisi IV DPR RI). (foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi IV DPR RI meminta Pemerintah segera membayar utang penyaluran cadangan beras Pemerintah 2018-2019 dan cadangan stabilitas harga pangan komoditas gula tahun 2018-2019 dengan total sekitar Rp 1,75 triliun kepada Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Komisi IV DPR RI mendorong pemerintah untuk segera membayar utangnya," demikian disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat memimpin RDP secara kehadiran fisik dan virtual dengan Dirut Bulog Budi Waseso, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Juni 2020.

Ia menyampaikan, jumlah utang pemerintah kepada Bulog untuk penyaluran cadangan beras pemerintah tahun 2018-2019 adalah sebesar Rp 409,81 miliar. Sementara untuk cadangan stabilitas harga pangan, utang pemerintah tercatat Rp 1,35 triliun. Legislator Fraksi PDI-Perjuangan ini juga menjelaskan bahwa terkait utang Pemerintah terhadap Bulog ini menjadi fokus dalam pembahasan rapat.

"Komisi IV ingin mendapat penjelasan mengenai kondisi piutang yang belum dibayar, jadi Pemerintah ini banyak utangnya terhadap Bulog. Dalam penyaluran cadangan beras Pemerintah atau CBP dan cadangan stabilitas harga pangan atau CSHP komoditas gula 2018-2019," jelasnya.

Sudin juga menegaskan bahwa pelunasan utang ini sangat penting guna mendapatkan penguatan anggaran yang bisa berdampak pada capaian kinerja yang lebih besar.