Buwas: Stok Beras Nasional Aman Sampai Akhir Tahun

Rahmad Novandri | Selasa, 23/06/2020 15:41 WIB
Buwas: Stok Beras Nasional Aman Sampai Akhir Tahun Budi Waseso (Dirut Perum Bulog). (Foto: gencilnews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan penyerapan gabah kering panen dari petani meskipun masa panen raya telah lewat. Dia memprediksi pada September-November 2020 penyerapan gabah akan kembali masif seiring dengan musim panen raya kedua.

"Kita akan serap gabah sebanyak mungkin karena itu untuk cadangan beras kita. Kita berusaha mengutamakan produksi beras dalam negeri. Kalau toh harus impor, harus disesuaikan dengan kebutuhan saja," kata Buwas pada konferensi pers di Jakarta, Selasa, 23 Juni 2020.

Dia juga memastikan penyaluran beras Bulog cukup sampai bulan Desember 2020. "Maka itu kita akan serap lagi sebanyak-banyaknya. Karena itu merupakan cadangan dan kita berusaha untuk tetap menguamakan produksi dalam negeri," ujarnya.

Namun, tegas Buwas, apabila harus impor beras maka disesuaikan dengan kebutuhan atau kekurangan saja. Tapi, lanjutnya, hitungan Bulog dan Kementerian Pertanian sesuai data BPS dan asumsi Bank Indonesia hingga Desember cukup sehingga Indonesia tak perlu impor beras.

"Prediksi cuaca warning tentang pangan kita sudah sikapi. Maka sekarang kita menyerap sebanyak mungkin. Cadangan di Bulog sekarang 1,4 juta ton. Kita juga menyalurkan ke Pemda yang sekarang rata-rata menyalurkan bansos beras," tuturnya.