BI Turunkan Suka Bunga 25 Bps

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 19/06/2020 12:08 WIB
BI Turunkan Suka Bunga 25 Bps Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mengumumkan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 4,25%.

Sejalan dengan keputusan diatas, BI juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 3,50%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,00%.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa keputusan ini bersifat konsisten dengan upaya menjaga stabilitas perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi di era COVID-19.

“Ke depan, Bank Indonesia tetap melihat ruang penurunan suku bunga seiring rendahnya tekanan inflasi, terjaganya stabilitas eksternal, dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelas Perry dalam keterangan resmI BI, Kamis 19 Juni 2020.

Perry melanjutkan, untuk Kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah dan pelonggaran likuiditas (quantitative easing) juga akan terus dilanjutkan.

“Bank Indonesia juga memutuskan untuk memberikan jasa giro kepada bank yang memenuhi kewajiban GWM dalam Rupiah baik secara harian dan rata-rata sebesar 1,5% per tahun dengan bagian yang diperhitungkan untuk mendapat jasa giro sebesar 3% dari DPK, efektif berlaku 1 Agustus 2020,” tambahnya.

TAG : BI , Suku Bunga , Bps