Menkeu Sri Mulyani Cuma Harap Ekonomi RI Bisa Tumbuh

Rahmad Novandri | Rabu, 03/06/2020 20:04 WIB
Menkeu Sri Mulyani Cuma Harap Ekonomi RI Bisa Tumbuh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah sudah menyusun program pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk menanggulangi dampak COVID-19 pada perekonomian nasional. Pemerintah berharap dengan program tersebut perekonomian Indonesia bisa tumbuh di atas 0%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah memasang target pertumbuhan -0,4% sampai 2,3% atau sesuai dengan skenario sangat berat menuju berat selama tahun 2020.

"Pemerintah tetap menggunakan baseline antara 2,3% sampai -0,4%," kata Sri Mulyani saat video conference di Jakarta, Rabu, 3 Juni 2020.

Dijelaskannya, laju perekonomian pada kuartal berikutnya akan lebih berat. Oleh karena itu, melalui program PEN yang dialokasikan sekitar Rp677,2 triliun bisa menggairahkan ekonomi nasional kembali.

"Kita lihat kemungkinan pertumbuhan ekonomi akan masuk dalam skenario yang lebih rendah dari skenario berat. Artinya lebih rendah dari 2,3% namun dengan stimulus ini kita berharap bisa menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 0%," terangnya.

"Artinya mendekati bahkan 1 atau di 2,3% meskipun lebih berat karena kuartal kedua akan sangat turun karena PSBB yang meluas," tuturnya lagi.