Antisipasi Bapok, Bulog Stok 1,4 Juta Ton Beras

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 03/04/2020 15:14 WIB
Antisipasi Bapok, Bulog Stok 1,4 Juta Ton Beras Beras Bulog. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Perum BULOG memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan pangan yang tak terduga. Seluruh jajaran BULOG sudah mewaspadai lonjakan tersebut baik menjelang Ramadhan dan Idul Fitri maupun kondisi tak terduga lainnya sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait akan kebutuhan pangan.

BULOG telah menyetok simpanan di gudang-gudang BULOG seluruh Indonesia dengan total stok mencapai 1,4 juta ton dari total kapasitas gudang yang tersedia sebesar 3,8 juta ton. Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya sehingga pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun.

Dalam keterangannya Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso setelah melaksanakan Rapat Direksi Perum BULOG di Jakarta, Senin 30 Maret 2020 mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras dan kebutuhan pangan lainnya yang menjadi tanggung jawab BULOG untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, BULOG menjamin kebutuhan beras dan pangan lainnya tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut”,” kata Budi Waseso menanggapi kebutuhan pangan saat ini.

BULOG mengatakan pihaknya telah memastikan seluruh jaringan yang bekerjasama dengan Perum BULOG sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara online maupun offline, juga outlet-outlet milik Perum BULOG seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern yang ada.