Pertamina Sediakan Rp1 Milyar Untuk Program Kemitraan UKM

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 11/03/2020 16:19 WIB
Pertamina Sediakan Rp1 Milyar Untuk Program Kemitraan UKM Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - PT Pertamina (Persero) akan menggulirkan Rp1 Miliyar melalui Program Kemitraan guna mendongkrak UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kota Balikpapan dan Penajam Paser Utara.

Dana tersebut akan diberikan kepada 19 orang mitra binaan. Mulai dari pelaku UKM bidang perdagangan, peternakan, jasa hingga industri. Untuk skema penyaluran program kemitraan Pertamina sendiri, mitra binaan bisa mengajukan pinjaman sebanyak tiga periode pinjaman.

"Program Kemitraan Pertamina adalah bentuk pinjaman bergulir untuk UKM dengan syarat memiliki agunan bertujuan untuk peningkatan kapasitas pelaku ukm dengan jasa administrasi yang relatif ringan hanya 3 persen dibandingkan pinjaman ukm yang lain" terang Region Manager Communication dan CSR Pertamina Kalimantan, Roberth Marchelino Verieza melalui keterangan resminya, Hari Rabu 11 Maret 2020.

Roberth mengatakan penyaluran terbesar diberikan kepada salah satu pelaku UKM di Kota Balikpapan sebesar Rp 150.000.000 dan yang paling kecil berada pada besaran penyaluran Rp 10.000.000. Besaran penyaluran ini akan dilihat melalui berbagai aspek penilaian, mulai dari jenis usaha hingga jenis jaminan yang diagunkan.

Ditahun 2020, Pertamina sudah menjaring 19 mitra binaan. Pertamina Marketing Operation Region Kalimantan sendiri menargetkan di tahun ini lebih dari 200 pelaku UKM se- Kalimantan yang harus bergabung menjadi UKM mitra binaan Pertamina.


Berita Terkait :