Pemerintah Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 06/03/2020 10:06 WIB
Pemerintah Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Bank Mandiri (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah meminta industri perbankan untuk menurunkan suka bunga guna memperlambat dampak virus corona terhadap perekonomian.

Dalam hal ini pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan banyak kebijakan stimulus telah dikeluarkan oleh OJK dan Bank Indonesia (BI). Kebijakan tersebut telah memberikan ruang yang sangat cukup untuk perbankan menyesuaikan suku bunga kreditnya.

"Pelonggaran GWM memberikan banyak likuiditas pada sektor perbankan sehingga penurunan suku bunga diharapkan bisa ditransmisikan dalam pricing suku bunga kredit yang lebih murah," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso melalui keterangan resmi pers, Kamis 5 Maret 2020.

Lebih lanjut pemerintah juga meminta perbankan untuk mempercepat transmisi kebijakan-kebijakan stimulus yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah, OJK dan Bank Indonesia.

"Bank itu berperan menjadi transmisi kebijakan-kebijakan stimulus Pemerintah, OJK dan Bank Indonesia yang telah dikeluarkan. Transmisi itu diharapkan bisa memberikan ruang gerak sektor riil untuk tetap menjalankan usahanya,"

Menurutnya jika perbankan menjalankan fungsi transmisi kebijakan stimulus yang telah dikeluarkan Pemerintah, OJK dan BI itu, maka diharapkan dapat meminimalkan dampak buruk pelambatan perekonomian akibat penyebaran virus Corona.

"Dari pertemuan tadi para bankir menyampaikan tentu akan ada follow up action dari perbankan," kata Wimboh.


Berita Terkait :