Imbas Corona, Kunjungan Wisman Turun di Januari 2020

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 02/03/2020 15:13 WIB
Imbas Corona, Kunjungan Wisman Turun di Januari 2020 Imbas Corona, Sektor Pariwisata Sepi (Foto: Digination. ID)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Wabah Virus Corona menyebabkan sektor pariwisata RI terhempas. Tiap tahunnya, wisatawan China yang datang ke Indonesia mencapai dua juta wisatawan. Munculnya corona ini menimbulkan anjloknya pendapatan RI di sektor pariwisata, mulai dari maskapai penerbangan, hotel hingga pertokoan.

Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia Januari 2020 mengalami penurunan sebesar 7,62 persen dibanding Desember 2019.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pariwisata Kosmian Pudjiadi memperkirakan total penurunan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 6, 3 juta kunjungan atau 19 juta roomnights

Menurut data dari BPS, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) di Januari rata rata berada di angka 49,17 persen  menurun sebesar 10,22 poin dibanding TPK Desember 2019.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang selama Januari 2020 tercatat sebesar 1,88 hari, terjadi penurunan sebesar 0,17 poin jika dibandingkan keadaan Januari 2019.

Sementara itu pemerintah dikabarkan telah menganggarkan dana sebesar Rp 298,5 Miliar untuk menekan perlambatan di sektor pariwisata. Angaran tersebut juga sebagai stimulus insentif kepada airlines, travel agent dan tourism representatives di luar negeri.

Selain itu pemerintah juga menurunkan pajak hotel dan restaurant di 10 destinasi wisata terpilih. Kompensasi penurunan tarif pajak hotel dan pajak restoran ini setara dengan Rp3,3 triliun. Kemeterian Keungan menyebut Penurunan tarif pajak hotel dan pajak restoran 0% berlaku selama 6 bulan di 10 destinasi pariwisata Indonesia. 

Adapun 10 destinasi pariwisata dimaksud adalah Danau Toba, Yogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Bintan.

 

 

 


Berita Terkait :