Sejak 2019, Pertamina Tak Lagi Impor Solar dan Avtur

Rahmad Novandri | Selasa, 25/02/2020 22:15 WIB
Sejak 2019, Pertamina Tak Lagi Impor Solar dan Avtur Nicke Widyawati resmi menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina (Persero), Rabu (29/8). (Foto: dialeksiscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, optimalisasi kilang membuat minyak mentah (crude) yang diolah semakin banyak. Bahkan hal itu juga membuat Pertamina tak lagi impor produk solar dan avtur.

"Jadi kita mulai Maret 2019 sudah tidak lagi mengimpor solar. Kemudian April 2019 kita setop impor avtur. Jadi dua produk itu kita mandiri. Walaupun tambahan kilang baru belum dimulai, namun kita optimalkan yang ada," kata Nicke saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020.

Dia mengungkapkan, untuk menurunkan impor, pihaknya saat ini membeli produksi minyak mentah dalam negeri. Meskipun sebagian mentah didatangkan dari impor.

"Upaya kami menurunkan impor dengan memprioritaskan crude domestik. Sebelumnya crude-crude ini dari hasil KKKS ekspor dan sisi lain Pertamina beli impor. Dan hal ini bisa membuat impor minyak mentah turun sebanyak 35%," tandasnya.