Legislator PKB Minta Kemenkop UKM Miliki Bank Data UMKM

Rahmad Novandri | Sabtu, 22/02/2020 18:52 WIB
Legislator PKB Minta Kemenkop UKM Miliki Bank Data UMKM Tommy Kurniawan (Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB). (Foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VI DPR RI Tommy Kurniawan menilai Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) perlu memiliki bank data untuk mengetahui jumlah dan memetakan UMKM di Indonesia sebagai upaya meningkatkan kinerja dan meminimalisir ketidaktepatan penyaluran subsidi atau bantuan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Baca Juga: Komisi VI DPR Tegaskan Sinergi BUMN Tentukan Wajah IKN Baru

Legislator Fraksi PKB itu mendorong Kemenkop-UKM agar bisa menyediakan bank data terkait jumlah UMKM dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang pesat saat ini. Menurut Tommy, jika bank data sudah ada dan dikelola dengan baik dengan memanfaatkan teknologi, kerja Menteri Koperasi dan UKM akan lebih mudah.

"Jika Kemenkop UKM tidak memiliki bank data, bagaimana mau mengembangkan UMKM menjadi lebih baik. Saya rasa ini harus bisa menjadi perhatian, karena masalah data di Indonesia ini menjadi sumber masalah, seperti subsidi yang tidak tepat sasaran," ujar Tommy dilansir dari dpr.go.id, Sabtu, 22 Februari 2020.

Baca Juga: Tommy Kurniawan Sebut Omnibus Law Harus Perkuat UMKM

Sebelumnya, Menkop UKM Teten Masduki menyebutkan, ada 63 sampai 64 juta UMKM di Indonesia dan perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah serta dukungan dari Komisi VI DPR untuk meningkatkan kinerja UMKM Indonesia di bawah naungan Kemenkop-UKM.

"Jumlah UMKM di Indonesia sekitar 63-64 juta UKM. Sehingga kami berharap kepada Komisi VI DPR RI, melalui fungsi pengawasan, legislasi dan anggaran, memberi dukungan kepada Kementerian Koperasi dan UKM," kata Teten.