Pemerintah Tutup Kran Impor Bawang Putih dari China, Mentan: Stok Aman

Ahmad Zubaidi | Selasa, 04/02/2020 08:33 WIB
Pemerintah Tutup Kran Impor Bawang Putih dari China, Mentan: Stok Aman Bawang putih (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah memutuskan menutup keran impor bawang putih untuk sementara dari China sejak awal tahun 2020 imbas dari merebaknya virus corona. Kendati ditutup, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin pasokan bawang putih aman.

"Cadangan untuk bawang putih panen lokal kami sudah siapkan. Insya Allah memenuhi apa yang menjadi kebutuhan. Karena impor yang kemarin kita pun masih punya cadangan menurut hitungan kita," kata Mentan di Pasar Senen, Jakarta, Senin, 3 Februari 2020 kemarin.

Namun, penutupan kran impor ini berdampak pada kelangkaan bawang putih di sejumlah pasar tradisional. Syahrul menduga ada oknum yang sedang memanfaatkan momentum pemberhentian tersebut.

"Mestinya tidak perlu terjadi kelangkaan. Jangan sampai ini jadi akal-akalan pedagang untuk mau impornya lebih cepat. Padahal Pak Mendag sudah bilang ini ada persoalan di virus corona yang harus kita waspadai," katanya.

Syahrul pun menjamin ketersediaan bawang putih akan tetap aman dimana supply-nya berasal dari produk lokal.

"Sambil kita siapkan lokal, kita masuki pasar-pasar kebutuhan masyarakat kita. Kita memang men-delay, ya kita delay. Tetapi kalau di-delay kan tidak boleh kekurangan pasok. Itu yang saya siapkan," ucapnya.


Berita Terkait :