Eksportir Furnitur dan UKM akan Bersinergi untuk Genjot Ekspor

Anata Lu’luul Jannah | Minggu, 26/01/2020 08:28 WIB
Eksportir Furnitur dan UKM akan Bersinergi untuk Genjot Ekspor Industri Furnitur (Foto: Ekbis Sindonews.com)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Kementerian Koperasi dan UKM berencana mensinergikan eksportir furnitur dan pengusaha UKM. Upaya ini dilakukan untuk mendorong produksi furnitur agar dapat diekspor ke luar negeri.

Menurut informasi yang diperoleh dari pelaku industri furnitur, saat ini permintaan dunia masih sangat tinggi terhadap furnitur dan Indonesia baru dapat menyiapkan produksi sekitar 2%.

Menanggapi hal ini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pihaknya akan mendorong industri furnitur agar dapat memenuhi pasokan kebutuhan tersebut.

“Eksportir akan dimitrakan dengan pengusaha kecil selain itu juga akan ada pelatihan, baik yang di kementerian juga di Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota", tandas Teten di pabrik furnitur Philnesia Internasional di Semarang, Jumat, 24 Januari 2020.

Di aspek produksi, pemerintah berencana akan mendirikan rumah produksi bersama sehingga para UMKM bisa menggunakannya. “Yang jelas kita akan dorong rantai pasoknya, mulai dari kayu sampai pada para pengrajin untuk meningkatkan produksinya yang mana mereka tidak punya alat moderen, tidak punya alat pengolahan kayu. Sehingga, produk UMKM standar produknya di bawah usaha besar", papar Menkop.


Berita Terkait :