Pemerintah Gandeng UNIDO untuk Digitalisasi UMKM

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 20/01/2020 13:05 WIB
Pemerintah Gandeng UNIDO untuk Digitalisasi UMKM Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah berencana menerima bantuan dari Organisasi Internasional United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) untuk mempercepat digitalisasi produk UMKM Indonesia. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai bantuan dari UNIDO sangat penting untuk memperluas pasar offline dan online.

"Jumlah UMKM kita sangat besar, maka kita harus memperbanyak kerja sama dalam dukungan teknis. Ini saya lagi mencari dukungan internasional untuk UMKM kita. Kebetulan Dubes kita untuk Austria menyampaikan bantuan digitalisasi UNIDO, ya sangat senang sekali. Ini akan segera di follow up" kata Teten usai pertemuan dengan Darmansjah Djumala, di ruang kerja Menteri, Jumat 17 Januari 2020.

Dalam pertemuan tersebut, Darmansjah Djumala, Wakil Tetap RI untuk Kantor PBB Wina dan Organisasi UNIDO menjelaskan bentuk bantuan yang ditawarkan adalah rangka desain software bagi UKM dengan aplikasi teknologi. Melalui aplikasi tersebut, UMKM dapat dipasarkan secara langsung. Selain itu pemerintah Indonesia juga berencana akan mengikutsertakan produk UMKM dalam pameran Austria.

“Indonesia juga akan turut mempromosikan produk UMKM melalui pameran yang akan diselenggarakan di Austria. Melalui pameran ini, produk UMKM Indonesia akan memiliki potensi lebih besar untuk diekspor ke Austria,” jelas Djumala.

Dalam pameran tersebut, akan diselenggarakan pameran produk kayu dan gastronomi khususnya beras hitam dan beras aromatik. Djumala menilai pameran ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan produk Indonesia ke Eropa. Menurutnya jika Austria menyelenggarakan pameran, semua negara Eropa akan berpotensi hadir, hal ini lantaran Austria merupakan negara yang berada di kawasan paling tengah di Benua Eropa.


Berita Terkait :