Industri Tekstil Akan Jadi Sektor Prioritas

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 15/01/2020 22:25 WIB
Industri Tekstil Akan Jadi Sektor Prioritas Industri Tekstil (Foto: intitradacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Sepanjang 2019, industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, pertumbuhan sektor industri tekstil dan pakaian jadi meroket paling tinggi hingga mencapai 15,08% pada triwulan III tahun 2019.

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Perindustrian, menyebut industri TPT berpotensi menjadi sektor strategis dan sektor prioritas nasional. Hal ini juga karena industri TPT merupakan salah satu penghasil devisa terbesar sepanjang 2019. Tercatat nilai ekspor industri TPT sepanjang tahun 2019 yang mencapai USD12,9 miliar. Bahkan, industri TPT disebut sebagai sektor yang banyak menyerap tenaga kerja sebanyak 3,73 juta orang.

“Dalam dua tahun terakhir, meskipun di tengah tekanan kondisi ekonomi global, perkembangan industri TPT kita terus membaik, baik itu di pasar domestik maupun internasional. Selain itu, konsumsi TPT di pasar dalam dan luar negeri juga diyakini akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan gaya hidup,” Jelas Menperin di Jakarta, Rabu 15 Januari 2019.

Pelaku industri TPT nasional dinilai perlu bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas, kualitas dan efisiensi melalui penerapan teknologi yang lebih modern dengan ditunjang oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Hal ini sesuai dengan penerapan peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam upaya kesiapan menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Saat ini, industri manufaktur sedang bersiap menghadapi revolusi industri 4.0, yang mengintegrasikan lini produksi di sektor industri secara online. Penerapan industri 4.0 mengacu pada penggunaan otomatisasi, artificial intelligence, kemudian juga ada terjadinya komunikasi machine-to-machine dan human-to-machine, serta pengembangan teknologi berkelanjutan,” paparnya.

Pemerintah optimis apabila teknologi industri 4.0 diterapkan pada sektor industri TPT nasional akan mempercepat peningkatan daya saing. Salah satu aspirasi besar Making Indonesia 4.0, yang akan diwujudkan adalah menjadikan produsen tekstil dan pakaian jadi di Tanah Air bisa masuk jajaran lima besar dunia pada tahun 2030.


Berita Terkait :