Presiden Jokowi Minta `Rest Area` Diisi Produk UMKM

Rahmad Novandri | Senin, 09/12/2019 23:15 WIB
Presiden Jokowi Minta `Rest Area` Diisi Produk UMKM Presiden Joko Widodo (Jokowi) pimpin rapat terbatas di Kantor Presiden. (Foto: twitter @setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar setiap kementerian merancang skema-skema pelibatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang benar-benar konkrit, misalnya dalam pengadaan barang dan jasa oleh kementerian, lembaga, dan BUMN.

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Masih Pertimbangkan Penerbitan Perppu UU KPK

Ia meminta agar diprioritaskan untuk membeli barang dan jasa dari produk UMKM, juga LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah) yang ada e-purchasing-nya. Selain itu, Jokowi juga meminta pemerintah harus aktif memasukkan produk UMKM yang memenuhi syarat untuk bisa dimasukkan dalam e-katalog.

“Ini juga penting, jangan sampai yang masuk judul yang gede-gede yang kecil ditinggal. Ini saya ingat lagi urusan cangkul, cangkul lokal dimasukkan ke e-katalog harganya separuh lebih murah dari yang impor, ini kalau enggak ngambil dari sini ya kebangetan,” kata Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Tahun 2020, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.

UMKM, tegasnya, juga harus banyak dilibatkan dalam mengisi rantai pasok produksi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) di sektor konstruksi, di sektor otomotif, di sektor telekomunikasi.

“Libatkan mereka yang kecil-kecil ini. Produk-produk UMKM juga berikan ruang untuk masuk dan disiapkan ke-5 destinasi wisata baru, disiapkan terlebih dahulu mulai dari sekarang. Sehingga saat barang itu jadi mereka sudah bisa masuk,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Pemerintah Anggarkan KUR Rp190 Triliun, Ini Harapan Presiden Jokowi

Jokowi juga mengingatkan agar rest area baik di sekitar jalur tol Jawa dan jalan tol di daerah lainnya yang telah jadi dan akan dibangun supaya memasukkan brand-brand lokal. “Inilah komitmen, harus menjadi komitmen kita bersama kalau bangun rest area itu nanti jalan tol dari Lampung sampai ke Aceh itu berapa ada rest area. Pasang dong brand-brand lokal kita, baik yang belum jadi di tol di Jawa biar sama rest area tolong diisi UMKM kita,” tegas Presiden Jokowi.