Diresmikan Jokowi, ini Alasan Jembatan Holtekamp Ganti Nama Jadi Youtefa

Rahmad Novandri | Senin, 28/10/2019 19:45 WIB
Diresmikan Jokowi, ini Alasan Jembatan Holtekamp Ganti Nama Jadi Youtefa Jembatan Youtefa (foto: kemenkeugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jembatan Youtefa, Senin, 28 Oktober 2019 siang di Kota Jayapura, Papua. Namun, tahukah Anda nama jembatan ini sebelumnya adalah Jembatan Holtekamd?

Baca Juga: Jembatan Youtefa Dibangun Melalui Pembiayaan `Surat Berharga Syariah Nasional`

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa waktu lalu mengungkapkan alasan dari perubahan nama jembatan tersebut. Alasan utamanya adalah karena daerah dari Jembatan Youtefa itu berada di Teluk Youtefa.

"Jadi karena ini memang (terletak) di daerah Teluk Youtefa. Jadi sangat relevan sekali usulan nama itu. Saya akan sampaikan kepada Bapak Presiden (Jokowi) kalau ini namanya diusulkan sebagai Jembatan Youtefa," ujar Basuki saat meninjau Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua.

Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jokowi akhirnya meresmikan Jembatan Youtefa. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1.800 meter dan lebar 17 meter. Jembatan ini menghubungkan daerah Hamadi menuju Holtekamp.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa di Papua

Sementara itu, total keseluruhan biaya pembangunan mencapai Rp1,8 triliun. Jembatan ini juga terdiri dari dua bentang utama dengan pelengkung baja.

Sebelumnya, jembatan Youtefa ditargetkan akan selesai pada Juli 2019. Namun, molor dan baru bisa diresmikan pada hari ini. 


Berita Terkait :