Efek Tiket Pesawat Mahal, AP I Kehilangan 3,5 Juta Penumpang

Rahmad Novandri | Senin, 06/05/2019 18:01 WIB
Efek Tiket Pesawat Mahal, AP I Kehilangan 3,5 Juta Penumpang Bandara Soekarno Hatta.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Mahalnya harga tiket pesawat ikut dirasakan oleh operator bandara milik negara, Angkasa Pura I (Persero) atau AP I. Sebab, sebanyak 13 bandara yang mereka kelola mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Penurunan pengunjung tersebut mencapai 3,5 juta di 3 bulan pertama 2019 alias triwulan satu. Pengunjung tersebut adalah yang bepergian menggunakan pesawat, bukan yang sekadar berkunjung ke bandara.

"Yang jelas 3 bulan pertama itu triwulan I itu angka saya dari sisi pax, itu yang kita laporkan sekitar 3,5 juta dropnya dari 2018," kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devi Suradji, dikutip dari detik.com, Senin, 6 Mei 2019.

Sementara, total pengunjung bandara secara keseluruhan adalah 95 juta di 2018. "Tapi total penumpang di bandara 2018 itu 95 juta baik yang berangkat maupun yang datang," ujarnya.

Selain itu, adanya akses tol yang makin lengkap ikut berpengaruh terhadap berkurangnya pengunjung di bandara. Pasalnya orang memilih menggunakan transportasi darat via tol ketimbang pesawat.

"Kemudian ada pilihan transportasi lain bisa lewat tol yang bagus," pungkasnya. 


Berita Terkait :