Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Diklat Industri Garmen

M. Isa | Jum'at, 01/02/2019 17:46 WIB
Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Diklat Industri Garmen Diklat Penyandang Disabilitas Kemenperin dan Kemensos.

SURAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perindustrian dan Kementerian Sosial melakukan diklat atau pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja bagi penyandang disabilitas. Hal ini sebagai bentuk kesepatan untuk meningkatakan kompetensi bagi penyandang disabilitas agar bekerja di sektor industri.

“Diklat ini merupakan tindak lanjut dari implementasi Nota Kesepahaman yang saya tandatangani bersama Bapak Mensos, akhir Desember lalu,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Surakarta, Kamis 31 Januari 2019.

Dilansir kemnakergoid, pelaksanaan Diklat tersebut diselenggarakan secara in house di Balai Diklat Industri Kemenperin dan on site di perusahaan yang melibatkan 268 peserta, yang meliputi 204 disabilitas sensorik rungu wicara, 39 disabilitas fisik, dan 25 disabilitas intelektual. 

Kementerian Perindustrian terus mendorong perusahaan-perusahaan industri untuk memberikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas sesuai dengan bidang pekerjaan yang bisa dilakukan.

Menurut Airlanga Hartarto, selama ini sektor industri tekstil dan alas kaki mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Industri ini juga merupakan salah satu sektor yang diprioritaskan di era revolusi industri 4.0.


Berita Terkait :