Antisipasi Banjir Jakarta, PUPR Siapkan Anggaran Rp450 M

Rahmad Novandri | Rabu, 30/01/2019 20:16 WIB
Antisipasi Banjir Jakarta, PUPR Siapkan Anggaran Rp450 M Kali Sentiong. (Foto: tribunnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp450 miliar untuk mengantisipasi banjir di DKI Jakarta. Anggaran tersebut guna membangun Pump Station atau stasiun pompa air dengan rute Ancol-Sentiong.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi mengatakan, selama ini aliran sungai Sentiong itu memang kerap banjir. Nantinya air di aliran sungai itu akan disedot dan dibuang ke laut.

"Ini untuk memompa air di daerah Sentiong itu, kan itu daerah banjir. Anggarannya Rp450 miliar," ujarnya seperti dikutip dari kumparan.com, Rabu, 30 Januari 2019.

Dia menerangkan, keberadaan pompa air tersebut di sepanjang aliran sungai bisa direduksi 50 meter kubik per detik. Jika sistem ini tak tersedia, lanjutnya, daerah sepanjang aliran itu terancam banjir terus ke depan.

"Sebab, kalau musim hujan tidak dipompa, nanti daerah Sentiong banjir. Maka ditolong dengan pompa, dia bisa 50 meter kubik per detik," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR sedang melakukan persiapan tender proyek sistem pompa air tersebut. Hari menargetkan proyek tersebut bisa dikerjakan tahun ini. 


Berita Terkait :