Kemendes Pamerkan Alpukat Asli Pasaman Sumbar

M. Isa | Senin, 20/08/2018 19:39 WIB
Kemendes Pamerkan Alpukat Asli Pasaman Sumbar Kemendesa PDTT pamerkan Alpukat Asli Pasaman Sumbar (foto: kemendes)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) menampilkan produk kebudayaan daerah tertinggal pada Expo and Conference Asian Games 2018 di halaman Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Salah satu yang dipamerkan adalah buah alpukat dari Pasaman Barat, Sumatera Barat. Kemendesa PDTT ingin menunjukan bahwa meski Pasaman merupakan daerah tertinggal namun mempunyai produk unggul yang patut dibanggakan.

"Pasaman Barat ini masuk dalam kategori daerah tertinggal. Namun ternyata potensinya luar biasa. Kami ingin lebih memperkenalkan buah-buahan mereka, khususnya buah tropis, kepada para atlet dan tamu kita di momen Asian Games ini," kata Direktur Jenderal PDT, Samsul Widodo.

"Ke depan kami ingin mengembangkan pasta alpukat. Yang terpenting harus ada yang menampung dan siap memasarkan. Setelahnya kita akan bantu mesin pengolahannya," tambahnya.

Menurut Samsul, untuk terus meningkatkan produktivitas dan efisiensi produk di daerah tertinggal, Kemendes PDTT juga akan menerapkan konsep Smart Farming.