Timnas Indonesia Dikalahkan Irak, Shin Tae-yong: Pemain Muda Sedikit Gugup

Rahmad Novandri | Selasa, 16/01/2024 15:41 WIB
Timnas Indonesia Dikalahkan Irak, Shin Tae-yong: Pemain Muda Sedikit Gugup Skuad Timnas Indonesia menghadapi Irak di laga perdana Piala Asia 2023. (Foto: Bolanet)

RADARBANGSA.COM - Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan penyebab kekalahan Rizky Ridho dkk di laga perdana fase grup D Piala Asia 2023 menghadapi Irak. Menurutnya, permainan tim Garuda terus berkembang namun sejumlah pemain muda yang diturunkan terlihat sedikit gugup.

"Kami telah mempersiapkan diri dengan baik, tetapi hanya karena ada begitu banyak pemain muda di tim kami, jadi hanya sedikit gugup dan sedikit kurang pengalaman. Namun jika mereka mengatasi beberapa kelemahan tersebut, maka kami bisa menjadi lebih kuat," tegasnya.

Menjalani pertandingan di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Senin (15/1/2024) malam WIB, Shin Tae-yong menurunkan delapan pemain muda dalam starting XI Timnas Indonesia. Kedelapan pemain itu adalah Ernando Ari (21 tahun), Pratama Arhan (22 tahun), Elkan Baggott (21 tahun), Rizky Ridho (22 tahun).

Selain itu ada juga Marselino Ferdinan (19 tahun), Justin Hubner (20 tahun), Ivar Jenner (20 tahun), dan Rafael Struick (20 tahun). 

Sayangnya, perlawanan Tim Garuda hanya sampai di situ dan akhirnya takluk 1-3 dari Irak. Adapun gol timnas Indonesia dicetak oleh Marcelino Ferdinan menit ke-37.

Shin Tae-yong menyebut duel kontra Timnas Irak tidak mudah untuk Timnas Indonesia. Meski begitu, pelatih asal Korea Selatan itu menilai performa Tim Garuda mengalami peningkatan.

"Ya, Anda tahu menghadapi tim Timur tengah di wilayah mereka sendiri selalu tidak akan mudah. Bukan laga yang mudah," ujar Shin Tae-yong selepas pertandingan.