Indra Sjafri Tetapkan 20 Pemain Timnas Indonesia untuk Sea Games 2019

Rahmad Novandri | Rabu, 20/11/2019 21:46 WIB
Indra Sjafri Tetapkan 20 Pemain Timnas Indonesia untuk Sea Games 2019 Indra Sjafri (Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-23). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pelatih kepala tim nasional Indonesia U-23, Indra Sjafri memutuskan membawa 20 pemain untuk SEA Games 2019 di Filipina. Keputusan itu didapat setelah dirinya dan tim melakukan persiapan akhir turnamen tersebut. Adapun Timnas Indonesia rencananya akan berangkat menuju Filipina, melalui Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, pada Kamis, 21 November 2019 siang.

Sebelumnya, pelatih asal Sumatera Barat ini memulangkan empat pemain, yakni Hanif Sjahbandi (Arema FC), Alberto Goncalves (Madura United), Muhammad Hambali Tolib (Persela Lamongan) dan Muhammad Rifad Marasabessy (PS Tira Persikabo).

Kini dia harus memulangkan empat orang pemain lagi. Mereka adalah Muhammad Lutfi Kamal Baharsyah (Mitra Kukar), Gian Zola Nasrullah Nugraha (Persib Bandung), Kadek Agung Widnyana Putra (Bali United), dan Awan Setho Raharjo (Bhayangkara FC).

Setelah melakoni dua laga uji coba Internasional terakhir melawan Iran dan latihan persiapan akhir, Indra Sjafri memutuskan untuk memulangkan empat pemain ke klubnya masing-masing. Dengan pemulangan empat pemain ini, maka skuat Garuda, yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2019 Filipina ini sudah genap dihuni 20 pemain.

“Pemain yang bertahan dalam tim adalah mereka yang terbaik, serta pemain yang memang saya nilai sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim. Kini puzzle saya sudah lengkap dan tersusun rapih. Saya harap mereka bisa memberikan yang terbaik di SEA Games nanti,” jelas Indra.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Laos, Singapura dan Brunei Darussalam. Indonesia sudah harus menghadapi Thailand di laga pertama pada tanggal 26 November 2019. Menurut Indra, pertandingan pertama melawan Thailand sangat penting. Jika bisa melewati Thailand, maka langkah berikutnya akan lebih mudah.

Untuk tampil di SEA Games, pelatih Indra Sjafrie sudah mempersiapkan sejak awal tahun 2019. Di awal tahun, timnas Indonesia sukses menjuarai turnamen Piala AFF U-22. Setelah itu mereka tampil di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Pada ajang ini, Indonesia kalah bersaing dengan Vietnam dan Thailand.

Di akhir bulan Oktober lalu, timnas Indonesia mengikuti turnamen empat negara yang diikuti tuan rumah China, Jordan, dan Arab Saudi. Terakhir Indonesia beruji coba dua kali dengan Iran dengan hasil positif 1-1 dan menang 2-1.

“Persiapan kami lumayan bagus. Beberapa laga dalam turnamen, uji coba dan latihan semata-mata untuk mematangkan permainan tim. Pemain kita bisa merespons permainan lawan dengan baik. Mereka main dengan sabar. Kita harus percaya dan dukung tim ini. Insya Allah kita akan berusaha untuk merebut emas,” pungkas Indra Sjafri.

Daftar 20 Pemain Timnas U-23:

1. Bagas Adi Nugroho - Bhayangkara FC
2. Nadeo Arga Winata - Borneo FC
3. Asnawi Mangkualam Bahar - PSM Makassar
4. Nurhidayat Haji Haris - Bhayangkara FC
5. Zulfiandi - Madura United
6. Irkham Zahrul Mila - PSS Sleman
7. Dodi Alekvan Djin - Persik Kediri
8. Muhammad Riyandi - Barito Putera
9. Rachmat Irianto - Persebaya
10. Feby Eka Putra - Persija
11. Witan Sulaeman - PSIM Yogyakarta
12. Egy Maulana Vikri - Lechia Gdanks
13. Sani Rizki Fauzi - Bhayangkara FC
14. Evan Dimas Darmono - Barito Putera
15. Muhammad Rafli - Arema FC
16. Syahrian Abimanyu - Madura United
17. Saddil Ramdani - Pahang FA
18. Firza Andika - PSM Makassar
19. Andy Setyo Nugroho - PS TIRA Persikabo
20. Osvaldo Ardiles Haay - Persebaya


Berita Terkait :