Diberondong Belanda Tiga Gol, Pelatih Portugal Akui Salah Terapkan Strategi

Rahmad Novandri | Selasa, 27/03/2018 11:35 WIB
Diberondong Belanda Tiga Gol, Pelatih Portugal Akui Salah Terapkan Strategi Virgil Van Dijk merayakan gol ke gawang Portugal. (Foto: gilabola)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Juara Eropa 2016 Portugal harus mengakui keperkasaan Timnas Belanda saat melakoni laga persahabatan di Stade de Geneve, Carouge, Swiss, Selasa, 27 Maret 2018. Ronaldo cs dicukur 3-0 lewat Gol-gol dari Memphis Depay, Ryan Babel dan Virgil van Dijk.

Belanda masih mampu membuktikan diri sebagai salah satu kekuatan sepak bola di Eropa. Meskipun tidak lolos ke Piala Dunia 2018, The Oranye menghadapi tampil mendominasi saat meladeni Portugal.

Memphis Depay membuka keunggulan Timnas Belanda saat laga baru berjalan 11 menit. Pemain yang sekarang bermain di Olympique Lyonnais itu memaksimalkan umpan yang diberikan oleh Donny van de Beek.

Ryan Babel menggandakan keunggulan pada menit ke-32 dan babak pertama pun ditutup dengan manis oleh gol Virgil van Dijk pada menit ke-45.

Babak kedua, tak ada lagi gol tercipta. Padahal, Portugal harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Joao Cancelo mendapatkan dua kartu kuning dari wasit dan harus meninggalkan lapangan.

Pelatih timnas Portugal Santos, mengakui telah salah menerapkan strategi. Dia mengganti sembilan starter dari laga sebelumnya melawan Mesir.

Santos pun mengaku bertanggung jawab penuh atas kekalahan ini. "Ini bisa saja berjalan lebih baik, tapi tanggung jawab atas kekalahan ini adalah milik saya. Sayalah orang yang memilih tim, mengamati lawan kami, dan menerapkan strategi kami," ujar Santos seperti dikutip Reuters.

Susunan pemain

Portugal: Anthony Lopes, Jose Fonte, Rolando, Mario Rui, Joao Cancelo, Ricardo Quaresma, Manuel Fernandes, Adrien Silva, Andre Gomes, Bruno Fernandes, Critiano Ronaldo

Belanda: Jasper Cillessen, Nathan Ake, Virgil van Dijk, Kenny Tete, Matthjis de Ligt, Ryan Babel, Georginio Wijnaldum, Davy Propper, Trindade de Vilhena, Donny van de Beek, Memphis Depay


Berita Terkait :