Nihayah: Pancasila Mudah Dihafal, Tapi Sulit Dipahami dan Diamalkan

Ahmad Zubaidi | Senin, 04/02/2019 19:57 WIB
Nihayah: Pancasila Mudah Dihafal, Tapi Sulit Dipahami dan Diamalkan Anggota MPR RI FPKB, Nihayatul Wafiroh memaparkan pentingnya pemahaman dan pengamalan Pancasila di depan warga Banyuwangi (dok Nihayah Center)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nihayatul Wafiroh menyebut pemahaman terhadap falsafah serta implementasi nilai-nilai Pancasila tak semudah menghafalkannya. 

“Banyak orang hafal isi Pancasila di luar kepala, tetapi soal pemahaman dan pengamalan itu perlu terus diingatkan,” katanya saat sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Ged. Serbaguna Hotel Minak Jinggo Kalibaru, Banyuwangi, Minggu 3 Februari 2019.

Pengamalan dan pemahaman tersebut, lanjut peraih penghargaan legislator terbaik 2018 ini, tentu akan sangat penting ditanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, Nihayah berharap masyarakat betul-betul memanfaatkan momen sosialisasi tersebut agar pemahaman mereka terhadap sendi-sendi Pancasila semakin kokoh.

“Kita berharap dengan sosialisasi ini, dapat meningkatkan pemahaman akan kesatuan berbangsa, dan UUD 45 yang sebagai Konstitusi Negara serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Nihayah.

Terkait dengan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap konstitusi, maka memasyarakatkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, adalah salah satu tugas penting yang diamanatkan kepada seluruh anggota MPR RI.

Sosialisasi tersebut diikuti secara antusias oleh 150 Kelompok Tani Kenongo Bahagia Desa Kajarharjo, Kalibaru, Banyuwangi. Mereka dengan leluasa dan aktif menyampaikan ragam pertanyaan hingga aspirasi kepada Nihayah.