Kiai Ma`ruf: Jokowi Santri di Situbondo, Saya di Tebuireng

Rahmad Novandri | Senin, 12/11/2018 20:01 WIB
Kiai Ma`ruf: Jokowi Santri di Situbondo, Saya di Tebuireng Capres-Cawapres Jokowi-KH Maruf Amin (dok faktanewscom)

LEBAK, RADARBANGSA.COM - Calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 KH Ma`ruf Amin mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga berasal dari santri. Ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengungkapkan bahwa hal itu diketahuinya saat pertemuan Kiai di Sukorejo.

"Jokowi itu ternyata santri dari Situbondo," kata Kiai Ma`ruf dihadapan ribuan ulama, Kiai, santri dan masyarakat Kabupaten Lebak, Senin, 12 November 2018.

Karena itu, lanjutnya, Jokowi sangat mencintai Kiai dan santri karena mantan Walikota Solo itu pernah belajar agama di Pondok Pesantren di Situbondo, Jawa Timur. Kiai Ma`ruf menyebut bahwa Jokowi belajar agama di Ponpes KH As`ad Samsul Ali.

Kiai Ma`ruf menuturkan, pembuktian itu juga dilakukan Jokowi dengan memilih dirinya yang juga berasal dari santri untuk maju sebagai pasangan capres cawapres pada Pilpres 2019 mendatang. Hal itu, ucapnya, karena kecintaan Jokowi pada Kiai dan santri.

"Kita berdua sama-sama dari santri, jika Jokowi santri di Situbondo dan Ma`ruf Amin dari Tebuireng," jelasnya.

Kiai asal Banten itu mengaku prihatin banyaknya berita hoaks melalui media sosial bahwa Jokowi beragama Kristen, padahal sangat mencintai Kiai dan santri. Bahkan, keluarga dan adik-adiknya juga santri di Ponpes Solo.

"Kita jangan mempercayai berita hoaks yang menyebar fitnah itu," pungkasnya.